TD. Pardede di mata Jusuf Kalla

“Saya tidak kenal beliau langsung, saya masih kecil saat TD. Pardede sudah menjadi seseorang yang sukses. Namun, siapa yang tidak tahu beliau? TD. Pardede adalah seorang pengusaha hebat yang memiliki keberanian, kepeloporan dan visi jauh ke depan.
Beliau sangatlah berani. Ketika ditantang oleh Soekarno untuk menurunkan harga, beliau menerimanya. Oleh karena itulah kemudian beliau diangkat menjadi Menteri Berdikari Republik Indonesia.
Untuk menjadi seorang politisi yang berasal dari pengusaha, ada baiknya memang yang sudah mapan. Tidak semua pengusaha dapat dan mau terjun ke politik, TD. Pardede memilih dunia politik untuk memperbaiki situasi dan keadaan. Kita semua tahu bagaimana keadaan ekonomi pada saat itu, sangat berat dan sulit sekali dan beliau berusaha keras dan konsisten melaksanakan tugasnya.
Beliau menerapkan kultur maritime berbasis budaya. Langkah ini merupakan politik benteng untuk menjaga agar tidak dijajah dan dikuasai oleh bangsa asing. Pengusaha pribumi dapat bertahan dan membantu meningkatkan perekonomian. Meskipun sulit untuk menyatukan para pengusaha, tetapi dengan cara ini, semua dapat menyatukan visi dan misi yang sama.
TD. Pardede memang sangat ulet, disiplin, dan pekerja keras. Sejarah kehidupan membuat beliau menjadi demikian, apalagi pada masa-masa penjajahan seperti dulu. Sifat sosial dan keagamaan yang sangat kuat juga menunjangnya. Berbeda dengan generasi selanjutnya dan sekarang ini. Jika beliau anak orang miskin, tentunya berbeda dengan anak orang kaya. Generasi sekarang cenderung banyak maunya sehingga tidak fokus, manja, dan selalu mengggunakan deret ukur bukan dengan deret hitung. Tidak mengherankan bila hasilnya menjadi berbeda.
Sudah waktunya generasi muda sekarang ini dipersiapkan untuk masa depan. Kita harus belajar dari pengalaman dan masa lalu. Jangan sampai apa yang sudah diperjuangkan sebelumnya menjadi sia-sia belaka.” – Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden RI, pengusaha yang aktif dalam berbagai kegiatan perdamaian, politik, pendidikan, dan sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s